-->

ads

Selasa, 11 April 2023

Ketua DPRD Wajo Apresiasi Kegiatan Konsultasi Publik Dalam Penyusunan RKPD 2024

Ketua DPRD Wajo Apresiasi Kegiatan Konsultasi Publik Dalam Penyusunan RKPD 2024




SUARA RAKYAT.NEWS, WAJO - Ketua DPRD Kabupaten Wajo, H. Andi Alauddin Palaguna memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Wajo yang menggelar forum Konsultasi publik dalam memulai proses penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 tahun anggaran 2023, Senin 13 Februari 2023 di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo.

Kegiatan Forum Konsultasi publik ini melibatkan pihak internal maupun eksternal.

Menurut Alauddin, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk jangka waktu 1 (satu) tahun.

RKPD memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, serta rencana kerja dan pendanaan untuk jangka waktu 1 (satu) tahun.

” RKPD tahun 2024 merupakan penjabaran dari RPJMD kab wajo dimana tahun 2024 merupakan tahun akhir RPJMD Kab Wajo yang tentu diharapkan rencana kerja dan penganggaran mampu mencapai target pembangunan daearah yang telah dicanangkan dalam RPJMD tahun 2019-2024,” Ujarnya.

Legislator partai Amanat Nasional ini berharap agar forum ini, tidak hanya formalitas saja, namun kegiatan ini merupakan suatu hal yang penting untuk mendapatkan masukan, dan memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi sebagai salah satu hal yang sangat penting dalam pembangunan daearah.

“Sebagaiamana dalam ketentuan Permedagri No 86 tahun 2017, salah satu hal yang juga penting dalam RKPD adalah penyelarasan pokok-pokok pikiran DPRD dari hasil reses yang sejalan dengan rencana prioritas tahun perencanaan, ” Jelasnya.

DPRD sebagai wakil rakyat, lanjutnya, sangat mengharapkan agar perencanaan pembangunan selalu disusun sesuai kehendak rakyat atau senantiasa mengedepankan mekanisme perencanaan bottom up planning dan didasarkan pelaksanaannya pada azas transparansi dan partisipatif.

Bagian dari tahapan penyusunan RKPD, Pemkab Wajo melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) menggelar forum konsultasi publik.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Wajo, Amran, Ketua DPRD Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna, bersama para ketua komisi dan anggota DPRD Wajo, para staf ahli bupati, asisten sekda, kepala perangkat daerah, camat, kepala desa/lurah, pimpinan LSM, pers, tokoh agama dan tokoh perempuan, serta undangan lainnya.

Kegiatan ditutup dengan penandatanganan berita acara pelaksanaan forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan RKPD Wajo tahun 2024 tahun anggaran 2023. (Adv)
Don't Miss

News Feed