-->

ads

Kamis, 06 Oktober 2022

Momentum Tahun Baru Islam, Pemerintah Kecamatan Tempe Gelar Lomba Dirangkaikan HUT Kemerdekaan RI

Momentum Tahun Baru Islam, Pemerintah Kecamatan Tempe Gelar Lomba Dirangkaikan HUT Kemerdekaan RI




SUARA RAKYAT NEWS, WAJO - Masih dalam momentum perayaan tahun baru Islam 1 Muharam 1444 hijriah, Pemerintah Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar berbagai kegiatan dan lomba. Unik, karena dirangkaian dengan semarak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2022.

Pembukaan kegiatan berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud, bertepatan hari Asyura atau 10 Muharam yang jatuh hari ini, Senin (8/8/2022). 

Kegiatan terlaksana berkat kerja sama Pemerintah Kecamatan Tempe, Kantor Urusan Agama (KUA) Tempe, dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Tempe. Selain itu, dukungan dari  badan usaha milik negara (BUMN)/badan usaha milik daerah (BUMD) dan perusahaan swasta di Tempe.

"Hari ini merupakan momentum baik juga, tepatnya di hari Asyura 10 Muharam. Salah satu momentum kebangkitan Islam, bagaimana kita bangkit dalam keterpurukan. Ini juga sesuai tema HUT RI ke-77 tahun ini, 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat'," kata Amran Mahmud.

Amran Mahmud menuturkan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini memang dibutuhkan kolaborasi. "Saya sangat berterima kasih kepada keluarga besar Kecamatan Tempe yang melaksanakan acara ini karena kolaborasi. Kita tidak menggunakan anggaran daerah ataupun kecamatan, tetapi kegiatan bisa tetap terlaksana karena kolaborasi," beber Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Wajo ini.

Amran Mahmud juga berharap dengan adanya kegiatan ini, peserta dapat mengasah kemampuan dan mengukir prestasi, khususnya dalam bidang keagamaan. "Apalagi banyak-banyak cabang lomba yang dilaksanakan. Saya kira ini sangat bermanfaat untuk menggali potensi anak-anak kita yang berprestasi seperti tilawah, hafalan, bacaan salat, muazin, dan terutama merawat jenazah, khususnya perempuan," beber kepala daerah yang juga dikenal sebagai dai ini.

Amran Mahmud menutup sambutannya dengan meminta dukungan dari semua pihak, khususnya para lurah, agar mendukung dan bersinergi menyukseskan beberapa program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, seperti Wajo Mapaccing, Smart City, penataan kota, maupun lainnya.

Camat Tempe, Supardi, menjelaskan kegiatan ini terlaksana berkat kolaborasi KUA dengan UPZ Kecamatan Tempe. Sementara, untuk pendanaan bersumber dari para donatur, yaitu pimpinan perbankan, Baitul Maal wa Tamwil (BMT) As'adiyah, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat, para legislator, Adira, PT Pertagas Niaga, PT Surya Cipta Sulawesi, dan donatur lainnya. 

"Kami apresiasi dan terima kasih bahwa pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari donatur dan kas UPZ Kecamatan Tempe," ujar Supardi.

Supardi menuturkan di tiap-tiap kelurahan juga menyelenggarakan kegiatan. Ada yang melaksanakan balap perahu dan sepak bola serta kegiatan lainnya.

Sementara, ketua panitia pelaksana, Faried Wajedi, melaporkan kegiatan diikuti 179 peserta dari utusan 16 kelurahan dan akan berlangsung 8-12 Agustus 2022. "Adapun cabang lomba, yaitu tilawah, tadarus, hafalan surah pendek, pildacil, busana muslim, azan, perawatan jenazah, lagu religi, dan praktik salat dengan kategori umur anak 6 sampai 12 tahun, umur 13 sampai 15 tahun, serta dewasa untuk perawatan jenazah dan lagu religi," urainya.

Pembukaan kegiatan dihadiri Staf Ahli Bupati, Karono, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Tempe, Komando Rayon Militer (Danramil) Tempe, Kepala KUA Tempe, Baznas dan UPZ Tempe, pimpinan perbankan dan perusahaan, lurah, pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kecamatan dan kelurahan, para dewan hakim, pembina, dan undangan lainnya.(Adv)
Don't Miss

News Feed